.linkopacity img {filter:alpha(opacity=100); -moz-opacity:1.0; opacity:1.0; border:0;} .linkopacity:hover img {filter:alpha(opacity=30); -moz-opacity:0.3; opacity:0.3;border:0;} Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selasa, 18 Mei 2010

PERKEMBANGAN TELEPON SELULAR DAN WI-FI

Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia, telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.

Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan kami bahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone dan wi fi yang akhir-akhir ini menjadi trend di Masyarakat.

Beberapa tahun yang lalu handphone hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang handphone di lengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi. Namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, tren dan prestise.

Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, perangkat Handphone semakin lengkap mulai dari Game, Mp3, Kamera, Radio, dan koneksi Internet.

Bahkan sekarang muncul teknologi baru untuk melengkapi komponen yaitu 3G. Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara Wireless. Teknologi ini telah merambah ke akses secara permanent Web, Video interaktif, dengan kualitas suara yang sangat baik sekualitas CD Audio Player hingga ke teknologi kamera video yang diintegrasikan dalam telepon seluller.

Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi. Perkembangan teknologi jaringan tanpa kabel semakin cepat. Ini ditandai dengan dengan munculnya Personal Digital Assistance (PDA), dan notebook yang telah mendukung standar protokol Wi-Fi (Wi-Fi Fidelity) 802.11b dan 802.11a. Saat ini komunikasi data maupun suara dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Di Indonesia teknologi Wi-Fi sudah mulai banyak digunakan.

Kita pun tidak direpotkan lagi dengan jaringan kabel untuk mendapat akses internet. Kawasan Istora Senayan dilengkapi dengan sarana hotspot yang memiliki bandwith 512 kilobit perdetik. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan dial up lewat telepon yang hanya berkapasitas paling tinggi 56 kilobite perdetik.

Dapat disimpulkan bahwa bisnis dan kuantitas pengguna teknologi Wi-Fi cenderung meningkat, dan secara ekonomis hal itu berimplikasi positif bagi perekonomian nasional suatu negara, termasuk Indonesia. Meskipun demikian, pemerintah seyogyanya menyikapi fenomena tersebut secara bijak dan hati-hati. Pasalnya, secara teknologis jalur frekuensi baik 2,4 GHz maupun 5 GHz yang menjadi wadah operasional teknologi Wi-Fi tidak bebas dari keterbatasan

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya

komunikasi dan penyiaran fesair

Selamat Membaca dan Selamat Menikmati

sebesar Keinsyapanmu sebesar itu pula yang kau dapatkan

online

Mengenai Saya

Foto saya
Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

UIN Sunan Guunung Djati

Sang Pencipta Akan Selalu Ada

Sang Pencipta Akan Selalu Ada
Seseorang yang telah kembali

Kau Adalah Mutiara

  • Do'a Ibu Selalu Menyertai Anaknya
Powered By Blogger